RFID

August 10th, 2008 | Hardware

RFID (Radio Frequency Identification) atau Identifikasi Frekuensi Radio adalah sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Label atau kartu RFID adalah sebuah benda yang bisa dipasang atau dimasukkan di dalam sebuah produk, hewan atau bahkan manusia dengan tujuan untuk identifikasi menggunakan gelombang radio. Label RFID terdiri atas mikrochip silikon dan antena. Mikrochip silikon adalah IC (intergrated Circuit) untuk menyimpan & memproses informasi serta mempunyai fungsi modulating dan demodulating signal RF .
Chipless RFID merupakan RFID tanpa milkrochip silikon yang digunakan untuk identifikasi tersendiri khususnya untuk perdagangan dengan cara mencetak langsung ke assetnya ,dengan demikian didapatkan labeling dengan tehnologi RFID tetapi berbiaya murah.
Label RFID ada 2 jenis yaitu label pasif yang tidak membutuhkan sumber tenaga, dan label aktif yang membutuhkan sumber tenaga untuk dapat berfungsi.
RFID pada umumnya bekerja pada frekuensi : low frequency (LF), 125 to 134 kHz; high frequency (HF), 13.56 MHz; and ultrahigh frequency (UHF), 860 to 960 MHz

http://en.wikipedia.org/wiki/RFID dll

Gambar RFID

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.